Rabu, 05 November 2008

ketika harus berbeda...


berbeda.....gw baru tau apa arti "berbeda" saat gw sudah beranjak dewasa. Beda!! gw ga tau,mengapa gw sering berbeda dari teman teman kebanyakan....dan ini kusadari lebih dalam saat gw memasuki masa remajaku...

gw lahir dilingkungan keluarga yang apa adanya,sederhana,ya untuk ukuran waktu itu ya bisa terbilang cukup...tapi gw tidak seperti kebanyakan anak lainya,gw lahir tanpa seorang ayah..dan mungkin mulai saat setelah kelahiran ku lah semua terasa berubah (kata nenek gw)...
gw merasa biasa saja,gw merasa semua berjalan seperti apa adanya...mungkin karna gw belum tau apa arti keluarga,apa arti ideal,apa arti sempurna....
aku merasa ada kekurangan saat ku menginjak umur 5 tahun,kenapa semua orang selalu digandeng seorang laki laki dewasa,kenapa semua anak di gendong laki laki dewasa...kenapa gw tidak???gw baru tau arti apa itu "ayah"...hmmm....tapi itu semua bukan masalah bagi gw,karena gw punya nenek,dan ibu,dan sebentar lagi gw akan punya adek....hmmm waktu itu gw masih bingung...kenapa ibu bisa punya adek ya???pertanyaan itu masih aku simpan sampai sekarang walau aku sudah tau jawabannya....

dan ntah kenapa mulai setelah kelahiran aku dan adeku semua berasa berubah,gw merasa kenapa semua orang menjauhi gw??kenapa semua orang ga mau main dengan gw?apa salah gw ya??hmm...setiap gw deket dengan anak lain,pasti orang tua meraka menjauhkan anak anak meraka dari gw,DAMN!!!apa gw punya salah?....gw masih ingat saat itu,gw berusaha membuat sebuah mainan,dan karena meraka merasa terancam,meraka menghancurkan mainanku,SHITTT!!!!...dan semua berlalu seperti itu setiap harinya....gw merasa sepi....cuma ada adek gw,nenek dan ibu yang selalu maki maki gw ma adek gw yang ntah karena apa gw sendiri ga tau kenapa dia begitu marah setiap melihat gw ma adek gw....walo kadang dia bersikap manis,gw kangen saat ibu peluk gw....
akhirnya tibalah saat gw untuk sekolah,huaaaaaaaaaah semua orang ribut,"dia ga boleh sekolah,dia ga boleh seperti yang lain,dia ga pantas ada disana"begitulah kata kata sodara sodara,paman bibi,tante dan tetanggaku yang waktu itu gw dengar...tapi gw ngotot gw harus sekolah...ibu cuma bilang "le...cah bagus,sing sabar yo..nunggu wayahe kowe iso sinau yo,tapi ora saiki ngih...sabar...purun mboten?"....(le cah bagus,yang sabar ya,nunggu waktunya sampai kamu bisa belajar ya,tapi bukan sekarang)...gw jawab "aku kudu sekolah ma'e,aku kudu iso koyo liyane...aku arep sekolah!!!"...(gw harus sekolah mak,gw harus bisa seperti yang lain,gw mau sekolah!!!)
dan akhirnya dengan terpaksa ibu nyekolahin gw....hmmm gw seneng banget akhirnya gw bisa keluar rumah dan ketemu lingkungan yang aku benci...tapi ya tetep aja semua ga berjalan lancar,karena disitu ada sodara sodara gw,.....n gw harus merelakan diri untuk selalu berangkat sekolah paling siang dan pulang paling lambat karena sodaraku ga ada yang mau bareng gw...huuuh...its ok.....sekolah,hmmm gw suka lingkungan ini,untuk membuat sodara sodara gw malu dengan diri meraka sendiri gw belajar lebih keras dibanding mereka dan akhirnya (walau itu hanya di TK) gw di naikan ke kelas O besar walo waktu itu belum waktunya untuk kenaikan kelas....ha ha ha ha gw bangga dengan diri gw sendiri untuk pertama kalinya....ha ha ha semua sodara gw pada diem dan tak pernah lagi meremehkan gw...
tapi dari situ semua juga dimulai....tiap bulan gw harus digunduli,sial!!!!,karena mereka ingin gw malu untuk datang ke sekolah... n juga gw bisa diterima oleh mereka kalo gw bawa UPETI,emang jaman mojopahit???sialan..mulai dari sini ga tau kenapa untuk membuat orang senang aku pasti memberikan ntah apa itu namanya baranag ato apa....

gw tau gw berbeda dalam hal lain juga dengan Tuhan memberikan gw sedikit kelebihan,kelebihan yang ga banyak orang bisa punya...kelebihan untuk melihat hal hal lain,dunia lain,alam lain,dan melihat kegiatan yang orang terdekatku lakukan walo mereka tidak ada di sekitarku...dan ini kusimpan sampai sekarang...hanya temen temen terdekatku yang tau hal ini...karena tidak ada sodara n keluarga yang percaya,malah gw dianggap gila...dulu pernah gw di bawa ke psikiater karna mereka pikir gw kena zizoprenia...damn....

gw inget waktu itu mau berangkat sekolah,gw naik ke tingkat yang lebih tinggi ...SD...waktu itu gw berangkat dengan seorang anak yang gw suka...hihihihi bayangkan saja anak umur 6 tahun jatuh cinta dengan lawan jenis...he he he...namanya "desy"...rambut ikalnya,gaya bahasanya,genitnya dia,lentiknya dia,manjanya dia(sampai sekarang ini yang gw benci dr dia)...tapi itu tidak berjalan mulus...berangkat sekolah hari itu adalah hari sial buat gw...desi jatuh dan kakinya luka...sialnya lagi dia diprovokasi sodara sodaraku untuk mengadu ke guru dan ibunya bahwa gw yang jatuhin dia...damn...gw PATAH HATI!!!!....dan untuk membalas kekesalanku,lain hari kemudia saat kami berangkat sekolah bareng,dia menertawakanku karena dasiku yang robek...gw dorong dia,dan dia terjatuh...dan lagi lagi gw di hajar ma sodara sodaraku karna melakukan hal ini...dalam hatiku gw bilang...rasakan itu buah karna udah bohong ma guru n ibumu walo tetep aja gw juga tetep dihajar ma sodara sodara gw karna bener bener jatuhin desi...gw lega...gadis itu ga pantas buat gw...gadis yang aneh!!!!
dari SD inilah cerita lain dalam hidup gw juga dimulai....gw mulai belajar berontak...gw mulai belajar melawan...gw mulai belajar kelahi....dan disini pula awal mulai gw merasa berbeda...berbeda karena sesuatu olah seorang dewasa yang membuat gw dendam...sampai sekarang.....he is the damn thing in my life....

tapi masa kecil gw juga tetep gw nikmati walau gw merasa berbeda,setiap pulang sekolah gw harus dikunci dirumah karna ibu harus kerja,tapi tau sendiri gw anak yang suka berontak,gw kabur setiap jam tidur siang....gw mulai suka jalan jauh,gw mulai suka alam...karna rumah gw deket sungai,sawah,dan hutan(walo cuma hutan kecil)....setiap hari cari buah buahan di sawah dan hutan belakang rumah,mancing ikan di kali,cari burung pipit untuk digoreng atau dibakar untuk makan siangku sendiri...hmmm gw kangen masa masa itu....eh iya gw masih inget waktu itu gw nemu anak monyet...dan kupelihara(walo harus debat dulu dengan ibu) namanya "manki"..coklat,sedikit sipit,agresif....tapi sekarang dia harus diamputasi kakinya karna ada tetangga yang tidak suka dan membakar kakinya.....uuuuuuuuuuh ingin rasanya dendam untuk membakar rumah mereka karna mereka udah mencoba mebunuh manki....eh iya gw juga punya beberapa anjing..."moly" hadiah dari nenek,"hing" nemu di kardus di tempat sampah,"master" nemu juga, n "nero" anjing penjagaku....hmmm gw sayang nero karna dis eperti body guard ku,dia tau siapa saja yang mau jahat ma gw ha ha ha...dari sini juga semua orang mulai baik ma gw ha ha ha nero i love u...

saat beranjak SMP,semua harus dimulai dengan alot....keluargaku ga mau gw nerusin sekolah..hmmm gw tambah benci meraka waktu itu....karna gw harus dibuang jauh dari semua orang...gila aja rumah gw di kota jogja harus sekolah di perbatasan jogja-klaten...prambanan...DAMN!!!...tapi semua sudah terbiasa buat gw....n sekali lagi gw membuktikan gw bs lebih dari meraka...ha ha ha ha.....
tapi mulai dari sinilah gw merasa "aneh"....ntah kenapa...apa karna "kelebihan" yang gw miliki atau apa gw juga kadang ga ngerti....

masa SMA gw merasa semua bener bener berubah,gw mulai punya temen deket,sahabat dan temen yang mau menerima gw apa adanya...disini juga gw buktikan ke semua orang kalo walau gw berbeda,tapi gw bisa seperti mereka,bahkan lebih....gw aktif di OSIS,PMI,PRAMUKA,PASKIBRAKA (thn 2003 gw ikut nasional)...gw jadi ketua osis selama 2 tahun berturut turut,jadi pembina di PMI,jadi pemangku adat di dewan ambalan....prestasi lumayan banyak waktu itu....ha ha ha walo tetep aja gw badung ha ha ha ha...ya seperti layaknya remaja saat sma he he he...semua guru deket ma gw...tukang kebun,tukang kantin...bahkan sampai provost depan sekolah semua kenal gw...gw bangga waktu itu..
dan lagi lagi masa remajalah masa yang paling berat....saat itu kelas 3...n gw merasa semua berasa berat,beban ini ga bisa gw tanggung sendiri..karna waktu itu gw harus kerja tiap malam untuk biyayain keluarga adek dan sekolahku...dan masa itu tambah berat karena gw ga tau kok rasanya semua hancur,itu menyiksa gw...sampai nilai gw anjlok drastis....
ada seorang temen meminjamkan buku ke gw...chiken shoup....dan buku ini juga yang membantu gw untuk gw harus bisa bangkit lagi...

setelah semua berlalu....semua juga berubah.......semua orang mulai menerimaku apadanya,dan bahkan....OMG yang ga gw sangka sangka...keluarga gw akhirnya bisa menerima gw.........oooooooh God..am so hapy he he he

setelah mendapat restu dari semua orang...gw memulai hidup gw yng baru...dengan pekerjaan yang baru dan lingkungan yang baru....

selalu saja semua berubah.....tahun 2005...gw kecelakaan.....bibir gw sobek,dan ada gigi yang harus diganti...dan satu lagi...gw jadi kena vertigo....dari saat itu juga semua berasa sia sia apa yang gw perjuangkan selama ini....gw kehilangan daya tangkap,kehilangan cara berfikir...kehilangan banyak hal.....

but gw sudah bangkit sekarang,walo otaku sekarang pas-pasan...tapi aku bersukur sudah diberikan waktu untuk memperbaiki semuanya....
gw bangga dengan apa yang ada pada diri gw,baik banyak maupun sedikit,walo gw "berbeda" dengan yang lain....tapi menurut gw inilah jalan yang Tuhan beri untuku...
semangaaaaaaaaat........gw ga malu dengan apa yang gw punya...gw ga malu dengan perbedaan gw....
saat gw merasa berbedalah saat gw belajar untuk dewasa dan saat untuk gw bisa belajar...

aku bangga dengan apa yanag ada pada diriku,baik banyak maupun sedikit....

Tidak ada komentar: